Kamis, 11 Agustus 2016

Kemajuan IPTEK

Teknologi... ya hal yang satu ini memang lekat dengan masyarakat modern ini. Teknologi bisa diartikan sebagai hal yang memudahkan pekerjaan manusia, tak bisa dipungkiri akhir-akhir ini perkembangan teknologi memang sangat pesat. Kemajuan teknologi memiliki banyak dampak baik positif maupun negatif, beberapa dampak positif kemajuan teknologi yang nyata kita rasakan sekarang ini diantaranya adalah kemajuan teknologi telekomunikasi dimana sekarang kita bisa berbicara dengan siapa saja diamana saja tanpa harus tatap muka. Namun dibalik itu banyak juga dampak negatif dari kemajuan teknologi, salahs satu diantaranya banyak perusahaan mengeksploitasi alam demi kemajuan teknologi tanpa memikirkan dampak lainnya.

Di Indonesia, semakin banyak mahasiswa, professor, ilmuwan dan lainnya turut serta mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia. Teknologi informasi dan Komunikasi dipandang sangat penting untuk dikembangkan di Indonesia, penyebabnya karena bangsa Indonesia tertinggal oleh bangsa-bangsa lain salah satunya adalah karena minimnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia. Kebanyakan bangsa kita lebih senang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, tetapi tidak banyak yang berminat untuk bisa menguasai dan mengembangkannya. Melihat dari uraian diatas, maka sudah seharusnya bangsa Indonesia berusaha untuk bangkit dan berkembang. Sebenarnya bangsa Indonesia mempunyai banyak pemuda yang mempunyai bakat dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, akan tetapi karena mungkin keterbatasan biaya, maka mereka menjadi kurang bersemangat untuk mengembangkannya.

Namun terkendalanya masalah tersebut, tidak  menghentikan inisiatif untuk meningkatkan literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi telah terlihat dilakukan oleh semua pihak; mulai dari pemerintahan, perguruan tinggi, lembaga pendidikan, swasta, dan masyarakat (individual). Seminar tentang internet, roadshow, pengenalan internet di sekolah-sekolah merupakan kegiatan yang umum dilakukan. Hal ini juga didukung jumlah penduduk Indonesia yang banyak dan karakteristik orang Indonesia yang memiliki sifat kreatif dan moderat. Orang Indonesia lebih senang pulang kampung setelah pekerjaan selesai. Bagi pemberi pekerjaan di luar negeri, hal ini merupakan factor yang penting karena nantinya tidak memberatkan mereka dengan urusan penduduk baru (imigran). Banyak professional dan pendidik Indonesia yang lulusan perguruan tinggi di luar negeri. Mereka memiliki kemampuan yang sama dengan koleganya di luar negeri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar