Kamis, 11 Agustus 2016

Tulungagung Kotaku

Tulungagung adalah kota yang terletak di bagian selatan pulau jawa. Kota ini memang termasuk kota kecil tapi mempunyai banyak sekali potensi daerah ataupun kearifan lokal daerah. Karena letaknya di tepi selatan pulau jawa memungkinkan Tulungagung memiliki banyak daerah pantai. Pantai-pantai di Tulungagung tak hanya berfungsi sebagai dermaga para nelayan pencari ikan melainkan juga banyak pantai-pantai yang indah yang fungsi utamanya sebagai daerah wisata.

Secara topografi, Tulungagung terletak pada ketinggian 85 m di atas permukaan laut (dpl). Bagian barat laut Kabupaten Tulungagung merupakan daerah pegunungan yang merupakan bagian dari pegunungan Wilis-Liman. Bagian tengah adalah dataran rendah, sedangkan bagian selatan adalah pegunungan yang merupakan rangkaian dariPegunungan Kidul. Di sebelah barat laut Tulungagung, tepatnya di Kecamatan Sendang, terdapat Gunung Wilis sebagai titik tertinggi di Kabupaten Tulungagung yang memiliki ketinggian 2552 m. Di tengah Kota Tulungagung, terdapat Kali Ngrowo yang merupakan anak Kali Brantas dan seolah membagi Kota Tulungagung menjadi dua bagian: utara dan selatan. Kali ini sering disebut dengan Kali Parit Raya dari rangkaian Kali Parit Agung.

Kabupaten Tulungagung memiliki potensi sumber daya alam yang beragam, keberagaman potensi sumber daya alam merupakan tantangan bagi pemerintah Kabupaten Tulungagung untuk melakukan pengembangan wilayah Kabupaten Tulungagung. Pemerintah daerah Kabupaten Tulungagung memiliki peran penting dalam menentukan sektor unggulan dan daya saing daerah Kabupaten Tulungagung. Pengembangan wilayah Kabupaten Tulungagung tidak terlepas dari pengembangan sektor unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Tulungagung. Beberapa diantaranya ada sektor pertanian, pariwisata, perikanan, dan masih banyak lainnya potensi daerah selatan pulau jawa ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar